Posted on

Setelah Pengembangan Aplikasi Android: Cara Mempopulerkan Aplikasi Anda Di Google Play

Seiring dengan iOS, Android adalah salah satu platform seluler paling menguntungkan. Sementara Apple adalah pemain dominan di AS dan pasar berkembang lainnya, ponsel Android memiliki basis pelanggan yang besar di seluruh dunia. Jadi, mengembangkan aplikasi untuk Android adalah ide yang bagus. Namun dengan lebih dari 600.000 aplikasi, toko aplikasi Google Play adalah tempat yang mudah bagi aplikasi happy mod Anda untuk tersesat. Di app store, ratusan aplikasi baru menuntut perhatian setiap hari. Bagaimana Anda membuat aplikasi Anda menonjol? Berikut adalah tiga cara untuk mempopulerkan aplikasi Anda di Google Play.

Pemasaran Aplikasi Paralel dengan Pengembangan

Jangan menunggu sampai Anda selesai mengembangkan aplikasi – mulailah pemasaran saat proses pengembangan sedang berlangsung. Paling tidak yang dapat Anda lakukan adalah membuat situs web tentang blog. Anda bisa mempromosikan konsep blog di situs media sosial. Selangkah lebih maju, Anda dapat menulis artikel, posting tamu, dan ulasan tentang topik dan produk yang terkait dengan aplikasi Android yang Anda buat. Ini akan membantu Anda mendapatkan visibilitas di Internet dan membuat orang terbiasa dengan ide aplikasi Anda.

Dapatkan banyak omong kosong tentang aplikasi Anda sebelum Anda merilisnya dan Anda dapat mengandalkan awal yang kuat setelah peluncuran. Tetapi semua promosi yang Anda lakukan melalui media sosial dan posting blog harus relevan. Menulis banyak blog di blog gaya hidup tidak akan terlalu berguna jika Anda membuat aplikasi bisnis. Demikian pula, mempromosikan permainan atau aplikasi hiburan di LinkedIn mungkin bukan ide yang cerdas: Facebook dan Twitter akan lebih berguna dalam kasus seperti itu.

SEO untuk Halaman Google Play

Setelah Anda mengirimkan aplikasi, itu akan memiliki halaman sendiri di Google Play store. Banyak orang akan mencapai halaman ini melalui tautan di artikel, posting blog, dan pembaruan media sosial Anda. Anda hanya memiliki beberapa detik untuk menyampaikan kelayakan aplikasi Anda. Untuk ini, semua informasi di halaman ini harus sempurna. Untuk memudahkan pengguna, beri nama aplikasi Anda dengan cerdas – nama harus secara jelas mencerminkan tujuan aplikasi. Juga, buat ikon yang mudah diingat dan menarik untuk mewakili aplikasi Anda. Lapisi halaman dengan tangkapan layar aplikasi beresolusi tinggi.

Karena Anda tidak memiliki banyak ruang untuk konten pada halaman, Anda harus sangat berhati-hati dengan kata kunci yang Anda gunakan. Praktik terbaiknya adalah menggunakan istilah penelusuran luas yang terkait dengan aplikasi Anda dan penawarannya. Gunakan deskripsi sederhana dengan poin-poin untuk menyampaikan semua informasi tentang aplikasi dengan cepat.

Libatkan Karyawan, Teman, dan Keluarga Anda

Beberapa hari pertama di Google Play dapat membuat atau menghancurkan aplikasi Anda. Tidak juga, tetapi mereka tetap penting. Kebanyakan orang yang mengunduh aplikasi memperhitungkan peringkat aplikasi Anda. Toko Google Play juga akan mengawasi berapa banyak unduhan yang Anda dapatkan dalam beberapa hari pertama. Ini juga akan melacak peringkat. Jika aplikasi Anda mendapatkan jumlah unduhan yang baik dan memiliki peringkat yang baik, ada kemungkinan aplikasi Anda akan ditempatkan di daftar Top pada bagian Trending, Best Selling atau Staff Picks.

Minta teman, tim, dan keluarga Anda untuk memberikan peringkat bintang 5 pada aplikasi, dan beri tahu mereka untuk meminta teman mereka melakukan hal yang sama. Pastikan jumlah unduhan yang tinggi dengan meminta orang tepercaya untuk mengunduh aplikasi. Awasi ulasan negatif dan coba hapus semua bug yang merayap ke dalam aplikasi dengan cepat. Jika Anda berhasil masuk ke daftar fitur, popularitas aplikasi Anda akan meroket dan Anda dapat berharap untuk membuat percikan besar di Google Play.